Rabu, 02 Mei 2018

11 Hal yg perlu di perhatikan dalam berbisnis

11 PESAN MORAL DARI FILM FILM THE BILLIONAIRE


1. Ide bisnis bisa datang dari mana saja
pada bagian pertama Top sudah melakukan bisnis pada saat dia duduk di bangku SMA dengan berjualan senjata melalui avatar game online yang dia mainkan, lalu pada suatu hari dia membeli kacang, dan dia berpikir untuk berjualan kacang. disini bisa kita amati, jika kita peka dan jeli pada lingkungan sekitar, kita bisa dengan mudahnya mendapatkan ide bisnis yang berpeluang untuk memberi keuntungan yang besar.

2. jika ingin mendirikan bisnis, kita harus ulet dan bekerja keras
pada saat Top mulai menjalankan bisnis berjualan kacang, dia baru saja masuk universitas, dan dia bekerja keras untuk menjalankan bisnis sekaligus menjadi mahasiswa. bahkan untuk mengangkut bahan dia masih mengunakan tenaganya sendiri. Sebelum dia membuka usaha ini.Top ulet untuk mencoba produknya denga memasaknya sendiri, mencari bumbu – bumbu yang pas untuk menyempurnakan rasa produk kacangnya.


3. kita bisa belajar dari kejadian yang ada disekitar kita
Setelah beberapa waktu Top berjualan kacang di pusat perbelanjaan, produknya sulit untuk terjual padahal rasa kacangnya sudah enak. Top merasa ada yang salah dengan strategi bisnis yang telah dia terapkan, lalu secara tidak sengaja , waktu Top ke pasar dia meluhat sekelompok siswa yang meminta sumbangan berdiri di depan kamar mandi, pada saat itulah Top sadar bahwa lokasi berdirinya suatu usaha sangat menentukan berhasil atau tidaknya usaha tersebut.


4. berani
Top termasuk pebisnis yang berani untuk mengambil keputusan. Dia berani melakukan bisnis meskipun pada awalnya dukungan dari ayahnya kurang. Dia berani menjual aset yang dia miliki untuk dijadikan modal bisnis.

5. tidak gegabah mengambil keputusan
Namun ada beberpa kejadian , dimana Top sangat terburu – buru dalam mengambil keputusan, seperti pada bagian awal pada saat dia menjual asetnya untuk modal jual dvd player dan dia tidak melakukan pengecekan, dan dia baru sadar jika dvd player yang dibeli sudah banyak yang rusak dan tidak bisa dikembalikan sehingga dia mengalami kerugian. aaDan pada saat Top akan membuka beberapa cabang outlet kacangnya didalam satu mall, keputusan itu diambil dengan pertimbangan yangnsedikit.

6. tidak mudah menyerah

7. jatuh bangun dalam dunia bisnis itu suatu hal yang lumrah terjadi

8. carilah ide bisnis yang berbeda 
Top berhasil melihat peluang usaha rumput lautnya pada saat dia memakan rumput laut oleh – oleh dari teman dekatnya, dia berhasil melihat bahwa ide,bisnis itu memiliki peluang yang besar dan berbeda karena di daerahnya sendiri masih belum ada yang melakukan bisnis serupa.

9. berbisnis itu membutuhkan pengorbanan
Pada saat melakukan bisnis, Top harus rela kuliahnya terbengkalai dan dia hanya bisa menitipkan kaset untuk merekam kuliah dari dosen, hingga akhirnya Top harus memilih untuk mengorbankan pendidikannya.

10. berani mengambil resiko
Top berani mengambil resiko untuk menerima tawaran dari 7eleven, dan dia berani untuk mendirikan pabrik ditempatnya yang sudah disegel, karena orang tuanya belum bisa membayar tagihan hutang.

11.  jika ingin terjun ke dunia bisnis kita harus totalitas

LINK NONTON FILM : http://indoxxi.tv/movie/the-billionaire-2011-1nhi/play

Tidak ada komentar:

TWIBON HUT RI KE-77 GMC NTT

TWIBON HUT RI KE-77 GMC NTT